Minggu, 04 September 2016

Unknown

Melintasi Air dan Api - Ps. Victor Purnomo (Ibadah Minggu JKI HTE 04 September 2016)

Victor Purnomo
Mazmur 66:11-12
Ada hal yang tidak bisa dimengerti saat daud menaikkan mazmurnya kepada Tuhan, Tapi daud percaya kepada Tuhan, dikatakan di mazmur ini bahwa Tuhan yang membawa kita kedalam jaring, kita bingung apakah ini Tuhan?
.
Tidak ada yang suka dan mau dibawa masuk kedalam perangkap atau jaring, karena semua tidak bebas, terbatas, tetapi Tuhan sengaja diperangkap oleh Tuhan sehingga kita tidak bisa kemana-mana hanya kita & Tuhan, sebab kalau kita bebas kita bisa kemana-mana semaunya sendiri, jaring Tuhan itu tidak enak tetapi baik.
.
Ada latihan tentara yang disuruh membawa ransel yang dipenuhi batu-batu, disuruh kerja dan latihan kemana-mana, beban itu terasa berat, tetapi saat mereka diutus ke medan perang, dan beban itu dilepaskan membuat mereka bisa lari dengan 2x lebih cepat. Tuhan juga sengaja menyiapkan kita 2x lebih kuat & dahsyat, tetapi harus diberi beban saat latihan.
.
Saat orang-orang melintasi kepala kita, menginjak-injak kita, merendahkan kita, tetapi Tuhan membiarkan semua itu, karena Tuhan sedang mengajar kita pelajaran-pelajaran yang sudah kita terima 11 tahun ini, hineni atau hati hamba.
.
Diajar itu enak, diberi firman baik itu enak, yang tidak enak adalah disuruh menjalani firman itu yang berat, tapi itu harus kita lewati dan kerjakan, sepertinya Tuhan membiarkan, sebab Tuhan melatih agar kita lebih hebat, lebih kuat.
.
Ketika benda dilewatkan api cuma 2 terjadi, habis terbakar atau makin murni, jika dilewatkan atau direndam air, bisa hancur atau makin bersih. Kalau benda itu kayu atau rumput kering akan habis, tetapi jika benda itu emas atau perak maka akan makin bersinar dan tidak akan habis. Harta karun yang tenggelam di air tetap akan ada dan dicari banyak orang, karena emas tetap kuat direndam di air.
.
Sadrakh, Mesakh dan Abednego, harus melewati dapur api, mereka tidak mau tunduk menyembah patung raja, sekalipun Tuhan tidak tolong. Tetapi Tuhan tidak tahan dengan iman mereka sehingga Dia datang menolong. Kalau kita pilih Tuhan, Dia akan turun dan menolong, karena ada orang yang gila-gilaan cari Tuhan dan hanya menyembah Tuhan. Dia ubah api menjadi dingin sebab saat Tuhan datang, kerajaanNya juga datang dan hidup kita berubah luar biasa.
.
Orang Israel terjepit sebab tentara firaun mengejar dan di depannya air. Tetapi Tuhan membuat mereka melintasi air, air yang seharusnya bisa menenggelamkan mereka, Tuhan buat mereka melintasi air dan tidak tenggelam. Waktu kita bersama Tuhan saat ada masalah yang ingin menenggelamkan kita, atau akan membakar kita, tetapi Tuhan membuat kita melintasinya.
.
Ketika orang Israel lewat, musuhnya juga ingin melakukan yang sama tetapi mereka habis binasa, yang dari daging akan habis, tetapi yang dari roh tidak akan binasa jika kita bersama Tuhan melintasi air dan api.
.
Jika Tuhan membawa kita melintasi air dan api, maka Tuhan membawa kita ke tempat yang baru, musim yang baru, Sadrakh, Mesakh dan Abednego juga dibuat lebih tinggi hidupnya setelah melewati api. 
.
Pak Agung pernah sharing mimpinya ke saya bahwa dia lewati jembatan panjang, dan dikanan kirinya banyak orang yang berkata-kata mengerikan kepada Pak Agung, tetapi Tuhan berkata jangan dengarkan, pandang ke depan saja, jalan saja Yesus menunggu di depan. Kita juga akan melewati yang sama, jalani jembatan itu dan pandang Yesus, maka kita akan sampai seperti Pak Agung pernah lewati, maka kita akan masuk masa yang baru, musim yang baru, yang limpah jasmani dan rohani.
.
Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai- sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.  - Yesaya 43:2
.
Hari ini kita akan lewati air dan api, lewati jembatan itu supaya kita menjadi dewasa, Higher Than Ever tidak akan terjadi jika kita tidak mau lewati apa yang Tuhan ijinkan, asal Tuhan bersama kita, tetapi jagan sampai Tuhan mulai undur itu yang bahaya, kering dan kosong.
.
Warisan kalau tidak dikerjakan dan dikembangkan dengan baik akan hilang, seperti talenta harus dikembangkan dengan baik. Warisan yang paling kaya adalah warisan tentang hati, kalau hati kita kuat kita bisa lewati semua.
.
David Livingstone berikan hidupnya bertahun-tahun di Afrika. Harusnya hidupnya enak, tetapi dia hidup susah di Afrika, namun dia membawa terang bagi benua Afrika. Suatu kali dia berdoa, dia meninggal dalam doanya. Waktu badan misi yang mengutus ingin membawa kembali, orang Afrika ingin mengubur di Afrika. Malam sebelum mayatnya dibawa ke Afrika, ada pemuda yang ambil jantung dari mayat David Livingstone, dia berkata Inggris boleh bawa badannya, tetapi hatinya tetap di tanam Afrika. Karena hatinya bagi Afrika.
.
Warisan Pak Agung adalah hatinya, sekalipun visi beliau boleh diambil, tetapi hatinya tetap akan jadi warisan kita, ini yang mahal, jika kita tahu itu, kita pegang dan kita kerjakan warisan hati beliau maka kita akan jadi besar. Hati yang besar akan bisa membawa banyak hal dan membangun kembali banyak hal. Jika hati kita kecil akan terlalu sedikit yang bisa Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Daud, Sadrakh, Mesakh dan Abednego juga memiliki hati yang besar sehingga Tuhan bisa percayakan banyak hal kepada mereka.
.
Untuk apa kita melintasi air dan api, untuk memurnikan dan mentahirkan kita. Amin.
.
Move on and cross the water and fire, be Higher than Ever!

Unknown

About Unknown

I am a product of God's Grace I am never lucky, I am always blessed.

Subscribe to this Blog via Email :