Jumat, 30 September 2016

Unknown

Journey or Adventure - Ps. Viktor Purnomo (Ibadah Minggu JKI HTE 25/09/16)

JKI Higher Than Ever
Ulangan 8:2 Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak.

Di dalam hidup kita ada 2 macam perjalanan: journey yang kita persiapkan dengan baik, tetapi ada juga yang namanya petualangan atau adventure, Kalau journey semua sudah diatur seperti perjalanan yang biasa, tetapi Tuhan suka membawa kita pada petualangan yang kita tidak tahu, dari petualangan ke petualangan yang lain sehingga membuat kita bergairah hidupnya.
.
Orang israel tidak tahu mau dibawa kemana keluar dari mesir ke tanah kanaan yang belum pernah mereka tahu, sepert hidup kita dibawa ke tempat yang belum pernah, itu masuk dalam kemuliaan dalam kemuliaan bersama Tuhan, lebih baik Tuhan bersama-sama kita meskipun banyak tantangan dan rintangan.

3 target Tuhan saat membawa kita dalam perjalanan petualangan bersama Dia.

1. Merendahkan hati kita, karena semua kita punya kesombongan. Contoh bangsa israel bawa banyak emas dan uang di padang gurun tetapi semua tidak bisa dipakai, sehingga mereka tidak bisa sombong, semua kesombongan mereka dihabisi Tuhan & Tuhan beri manna, 40 tahun sepatu dan baju mereka tetap awet, tidak perlu beli baju dan sepatu.

Kita hidup bukan dari roti saja tetapi dari setiap firman yang Tuhan ucapkan, satu patah saja berbuah banyak dalam hidup kita.

Sama dengan Abraham dihabisi dulu kekuatannya, direndahkan supaya belajar hineni, Sara tidak mungkin melahirkan lagi, supaya orang tahu ini bukan pekerjaan manusia tetapi pekerjaan Tuhan.

Saya pernah mengalami kontrak rumah suatu saat harus bayar kontrakan tinggal 2 bulan belum ada uang. Saya tidak bisa tidur, Tuhan berkata: mengapa dipikir terus? Lalu ada orang yang mau meminjami saya rumah tidak bayar, jadi ternyata bukan uang yang perlu tapi Jalan keluar dari Tuhan.

Mengapa perlu kita direndahkan? supaya Tuhan bisa tinggikan kita, sebab kesombongan akan membunuh kita.

Contoh perwira yang tidak percaya saat Elia berkata besok tepung terbaik berharga 1 syikal, padahal hari ini kepala keledai 80 syikal, perwira ini sombong dan akhirnya mati diinjak-injak orang.

John lenon 1966 berkata kami lebih terkenal dari Tuhan Yesus, selesai konser dia mati ditembak penggemarnya sendiri, kesombongannya membunuh dia.
.
Presiden brasil pernah kampanye 500 ribu orang pendukungnya, dia berkata bahwa Tuhanpun tidak bisa menghentikan saya jadi presiden, 1 hari sebelum dilantik, dia sakit dan mati.

Marylin Monroe didatangi Ps. Billy Graham dia harus terima Tuhan Yesus, tetapi dia berkata maaf aku tidak perlu Yesusmu, seminggu kemudian dia mati overdosis.

Titanic dikatakan pembuatnya bahwa Tuhanpun tidak bisa menenggelamkan kapal ini, pada pelayaran pertama Titanic nabrak gunung es dan tenggelam.

2. Tuhan ingin menguji supaya mengerti apa yang di dalam hati kita.

Ratu syeba dengar tentang salomo dan akhirnya datang dan bertemu salomo  dan dia berkata hari ini aku tahu siapa engkau sebenarnya (di dalamnya) bahwa engkau memang berhikmat.

Waktu daud dikejar-kejar saul, dia punya kesempatan 2 kali membunuh Saul, dia tidak lakukan, Dia takut akan Tuhan, dan disitulah hatinya sesungguhnya diketahui bahwa hatinya baik.

Saya suka mengetes hati saya sendiri, kemarin saya ketemu dengan saudara-saudara dari gereja lama saya, saya tetap tenang & tidak ada marah, jengkel, disitu saya mengerti hati saya dijagai dan dibersihkan Tuhan.

Kalau di dalam kita ada yang kotor, kita tidak akan enak kalau ketemu orang-orang yang pernah menyakiti hati kita.

3. Untuk menguji ketaatan kita kepadaNya. Saul pernah ditegur samuel, diuji hatinya masalah ketaatan, tapi dia gagal. Kami punya pelayanan Pasar murah, yang istri saya koodinir, semua barang dijual sangat murah, tetapi kami belajar menjaga hati, tidak pernah beli untuk diri sendiri barang-barang itu karena murah, sekalipun sebenarnya tidak salah, tetapi karena belajar tidak lakukan, sebab semua itu dikhususnya untuk orang yang tidak mampu. Kami diberkati untuk bisa membeli beras dan barang-barang dengan harga normal saja.

Tuhan juga pernah berkata saat saya di Bali, jangan bawa oleh-oleh barang apapun. Ada orang yang belikan saya barang bagus, terpaksa saya tinggal karena Tuhan sudah berkata, dan saya harus belajar taat.

Bilangan 33:5 Berangkatlah orang Israel dari Rameses, lalu berkemah di Sukot.

Sukot, tempat persinggahan pertama saat keluar dari mesir. Waktu Yakub sudah kaya di rumah Laban, kemudian ingin pulang ke rumah Ishak, tetapi Esau ingin bunuh dia, tetapi Tuhan mendamaikan. Saat itu Yakub suruh esau jalan dulu & Yakub buat persinggahan di Sukot.

Tempat persinggahan ke- 2. Pihahiron, tempat alang-alang dibuang, supaya muncul buah-buah baru dari hidup kita, Tahun depan Ayin Zayin adalah mata cangkul dan mata kapak yang akan memotong semua yang buruk dan mata cangkul yang akan membongkar , melembutkan hati kita dan menanam benih baru dari Tuhan.

3. Mara/ pahit, Tuhan mau cabut semua yang pahit & mengganti dengan kemanisan, pesan Tuhan: jangan bersungut-sungut sebab Dia sedang buat kemanisan bagi kita.
.
4 Elim / pohon korma, pohon yang bisa hidup di padang gurun, yang lain kering dan mati saat mengalami yang berat atau sukar, tetapi kita akan tetapi hidup dan berbuah manis, jatah kita jadi saluran kehidupan dan kemanisan, kemanapun Tuhan bawa bahkan tempat yang paling kering. Kita akan membawa aliran kehidupan kemanisan, itu sudah jatah dan bagian kita, hidup kita bukan tergantung keadaan, tetapi kita yang mengubah lingkungan kita.
.
5. Rafidim/ rest place. Itu peperangan Yosua, tetapi bukan karena kekuatan Yosua, tetapi tergantung tongkat Allah yg diangkat tinggi yang akan membawa kemenangan. Itulah sebenarnya saat kita rest atau tenang, saat Tuhan diangkat / ditinggikan, kita masuk rest place, kemenangan Tuhan berikan bagi kita.
.
6. Kanaan / Low Land / to Humble yourself, Tuhan bawa kita keluat dengan Tujuan meredahkan hati, tanah kanaan hanya bisa dimasuki dengan humble heart. Rendah hati bukan artinya kita diinjak-injak, tetapi itu masalah di hati, kita bisa sangat kaya tetapi rendah hati.

Saya bersyukur kita diberi tempat parkir di Resto ayam penyet di sebelah, tapi dia minta tolong setengah 10 tolong dikosongkan ya pak, ini pemilik restoran yang rendah hati, walaupun bos tapi mau menolong kita.

Kami berdoa Tuhan berikan karunia Terobosan dlm segala hal dlm hidup kita dan kita masuk tanah kanaan kita masing-masing yang Tuhan sudah tentukan \dan sediakan bagi kita. Amin
.
Keep Moving on in adventure life with God.

Unknown

About Unknown

I am a product of God's Grace I am never lucky, I am always blessed.

Subscribe to this Blog via Email :